Bitter Honey
05 September 2016
  Artikel Listrik
Pembahasan tentang listrik secara umum di blog ini, merupakan ekspresi ketidaktahuan akan listrik yang mengakibatkan banyak kerugian atas kerusakan perangkat elektronik di rumah saat lima tahun pertama saya menempatinya. Dampak dari kerusakan tersebut, berefek pada kerugian atas biaya yang harus dikeluarkan untuk menggantinya serta waktu terbuang yang tidak pernah dapat tergantikan. Sebagai awam dalam kelistrikan, saya hanya memerlukan informasi seperlunya yang berkaitan tentang cara penanganan listrik untuk mengoperasikan perangkat elektronik di rumah tinggal.
Namun, tidaklah mudah untuk mendapatkannya. Mungkin, pada saat itu (sekitar tahun 2001), informasi tentang penanganan listrik secara sederhana, tidak memiliki nilai jual cukup tinggi untuk dipublikasikan. Atau, informasi seperti itu dapat menjadikan pihak yang memiliki kepentingan dalam menangani kelistrikan merasa terganggu kestabilan “priuk nasi”-nya. Cukup bisa dimengerti, tetapi tetap saja kerugian akan berlanjut selama pemahaman atas akar permasalahan yang ada tidak saya pahami.
icon.top.par
Memulai pembenahan…
Melakukan pembenahan instalasi kabel terpasang di rumah, merupakan tindakan yang berhubungan dengan kelistrikan secara masif pertama kali yang saya lakukan sendiri tanpa bimbingan ataupun pemahaman yang pasti. Pengerjaannya hanya mengandalkan pada naluri analisa logika programmer yang saya peroleh ketika dulu bekerja sebagai staff IT saja. Rasa was-was dan kekhawatiran akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (seperti kebakaran),  tentu saja ada. Tetapi, pembenahan tetap harus dikerjakan untuk mengetahui kebenaran dari hasil analisa yang telah dibuat.
Ternyata, walau pun instalasi kabel terpasang telah dibenahi, tidak menjamin kondisi listrik di rumah aman digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik yang ada. Walau pun kerusakan yang ada tidak sebanyak sebelumnya, tetap ada kasus dan kejadian kerusakan pada perangkat elektronik dengan kebutuhan daya listrik lebih baik secara kualitas.
icon.top.par
Mencoba stabilizer…
Mengantisipasi terjadi kerusakan perangkat elektronik dengan menggunakan stabilizer berkapasitas <= 1000VA untuk menyempurnakan kualitas daya listrik, telah dicoba dan hasilnya (sangat) tidak memuaskan. Perubahan hanya berlangsung untuk beberapa bulan saja. Sampai pada akhirnya saya nekad untuk menggunakan stabilazer berkapasitas 3000 VA untuk meng-cover instalasi listrik terpasang sebesar 1300 VA. Saya tidak terlalu memedulikan pendapat yang menyatakan tindakan tersebut adalah sia-sia. Dari semua data dan fakta yang ada, mengarahkan saya sampai pada kesimpulan bahwa tindakan tersebut sebagai salah satu kemungkinan yang patut dicoba. Hasilnya, pada penilaian dengan skala 1 s/d 10, adalah 9! Selain meniadakan 90% kerusakan pada perangkat elektronik, juga mengurangi biaya tagihan rekening bulanan PLN pada kisaran 5 – 10% dari total tagihan periode-periode sebelumnya.
Berawal dari keberhasilan yang (dapat saya kategorikan) memuaskan ini, perlahan-lahan pengertian dan pemahaman mengenai listrik yang saya miliki berkembang secara apa adanya. Walau pun hanya sebatas pengetahuan listrik pada ruang lingkup untuk kebutuhan rumah tangga saja, bagi saya sudah lebih dari cukup. Sampai pada akhirnya, semua itu terkumpul dalam beberapa artikel yang dapat anda temukan saat ini di sisi kanan layar monitor komputer anda.
Perlu saya sampaikan bahwa tidak ada dasar pendidikan formal / informal mengenai kelistrikan dalam hidup saya. Dengan kondisi yang demikian, saya mohon maaf dan berharap pada anda (yang memang mengerti / ahli tentang listrik) untuk dapat memaklumi seandainya cara penyampaian dan istilah tentang listrik pada setiap artikel di situs ini kurang sesuai / tepat dengan norma-norma yang berlaku.
Tujuan utama yang hendak dicapai adalah agar pihak-pihak awam tentang listrik yang mengalami masalah seperti saya dahulu, dapat memperoleh informasi yang cukup mudah dimengerti dan dipahami dalam menindaklanjuti arah penyelesaian dari masalah yang sedang dihadapi. Hanya itu, tidak lebih dan tidak kurang.
icon.top.par
Sedikit pendapat pribadi…
Saya sarankan bagi anda yang awam tentang listrik dan hendak membenahi sendiri permasalahan yang bersifat masif di rumah, seperti penggantian kabel atau pemasangan saklar lampu, untuk terlebih dulu memastikan posisi MCB meteran dalam keadaan “OFF” (mati)!
Hal terutama dan penting lainnya adalah jangan pernah berpikir untuk mencoba memodifikasi perangkat meteran yang sedianya milik PLN. Masalahnya bukan terletak pada jumlah denda yang harus dibayar jika tertangkap petugas PLN. Saat tindakan modifikasi dilakukan, anda telah memutuskan untuk berhadapan dengan daya listrik berkekuatan “puluhan ribu” Watt yang masuk ke dalam perangkat meteran PLN. Tidak ada toleransi terhadap kesalahan sekecil apa pun dalam menangani listrik yang berkapasitas sebesar itu, baik saat maupun setelah modifikasi dilakukan. Jangan pernah menganggap remeh kekuatan listrik, tanpa pengetahuan yang memadai untuk mengendalikannya.
icon.top.document
Semoga bermanfaat!
 
Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home
Mawardish blog talking about computer, internet and mobile phone, social life, etc. Uberskin, madupahit, windows xp, vista, indonesia, aceh, forum, gratis, free

Name:
Location: Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
Archives
September 2007 / April 2008 / May 2008 / June 2008 / July 2008 / August 2008 / September 2008 / December 2008 / January 2009 / February 2009 / April 2009 / May 2009 / June 2009 / July 2009 / August 2009 / September 2009 / October 2009 / November 2009 / December 2009 / July 2012 / August 2012 / September 2013 / October 2013 / September 2016 / January 2017 /


Powered by Blogger

Subscribe to
Posts [Atom]

Custom Search